Senin, 30 Juni 2014

Proses Pembuatan Poster, Film, dan Webdesign


Media komunikasi sangat penting guna menyampaikan informasi kepada orang lain. Media komunikasi ini digunakan banyak orang untuk membantu mereka dalam menyampaikan apa yang mereka inginkan. Macam media komunikasi beragam, diantaranya adalah poster, film dan webdesign. Dengan tiga media tersebut kita dapat menyampaikan suatu informasi kepada orang lain. Dalam jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, suatu komunikasi sangat dibutuhkan untuk menyalurkan idea tau gagasan yang dimiliki kepada masyarakat luas. Oleh karena itu, pada kali ini saya mendapatkan tugas untuk membuat suatu poster, film, dan webdesign dengan tema transportasi.

Sumber: www.saliqamag.com
Pembuatan poster pada kelompok saya diawali dengan ide kami masing-masing. Setiap anak dari anggota kelompok saya mengusulkan satu poster yang nantinya akan digunakan sebagai poster kelompok. Sesuai dengan tema yang kami ambil, terpilihlah satu poster yang menurut kami telah mewakili pesan yang kami inginkan. Poster kami menggambarkan suatu keriuhan kota, dimanadapat terlihat pada jalur kendaraan umum sangat padat sedangkan jalur busway masih lengang atau kosong. Melalui gambar poster tersebut kami megajak masyarakat untuk menggunakan transportasi massal karena selain memuat massa yang banyak namun juga lebih cepat. Pembuatan webdesign kelompok saya menggunakan situs blogspot yang tidak berbayar. Pertama kami membuat akun gmail kelompok kami trlebih dahulu, kemudian setelah itu barulah kami membuat webdesign atau weblog kami. Web design kami isi mengenai isu-isu yang berkaitan dengan transportasi.

Pembuatan film kelompok saya bergenre drama. Dalam film ini saya cukup banyak mendapatkan peran. Film kami yang berjudul ‘100km’ menceritakan tentang seorag mahasiswi Perencanaan Wilayah Kota yang berlibur ke Solo dengan menggunakan alat transportasi umum. Film kami bertujuan untuk memperkenalkan alat transportasi di Indonesia seperti angkot, bus, ojek, kereta, dan becak. Pengambilan gambar kami lakukan di Semarang dan di Solo. Kami berangkat ke Solo pada hari Sabtu pagi dan kembali ke Semarang pada sore harinya. Saya menikmati pembuatan film ini, karena kami membuatnya dengan bersenda gurau. Saya berharap film ini dapat menyampaikan pesan/ maksud yang ingin kami sampaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar