Senin, 30 Juni 2014

Transportasi Massal


            Transportasi massal merupakan transportasi yang efektif untuk mengurangi kemacetan. Hal ini dikarenakan transportasi massal dapat memuat banyak massa untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Transportasi massal ini dapat berupa kereta, angkutan umum, bajaj dan bus. Transportasi tersebut dapat mengangkut lebih banyak orang dibandingkan dengan transportasi pribadi, sehingga dapat mengurangi kemacetan.
                                                       Sumber: www.ciputranews.com
Perlu diketahui bahwa transportasi massal sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Transportasi massal akan memberikan dampak positif di kemudian hari apabila kita dapat membiasakan diri untuk menggunakan transportasi massal. Ada beberapa dampak positif yang dapat diberikan oleh transportasi massal, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. 1.      Mengurangi jumlah kendaraan di jalan raya.
  2. 2.      Mengurangi polusi udara.
  3. 3.      Mengurangi kemacetan.
  4. 4.      Mengurangi dampak pemanasan global.

Menteri Perhubungan Evert Erenst Mangindaan menekankan pentingnya pengembangan moda transportasi massal yang berkelanjutan dan ramah lingkungan sebagai solusi guna mengatasi beragam masalah transportasi di Indonesia. Masih banyak transportasi di Indonesia yang tidak sesuai dengan standar kelayakan. Hal ini dapat menyebabkan pencemaran udara dan juga membahaykan pengendara kendaraan bermotor itu sendiri. Selain itu, masyarakat Indonesia juga masih banyak yang lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan transportasi massal. Hal ini menyebabkan banyak sekali kendaraan yang memenuhi jalan raya, terutama adalah sepeda motor. Fenomena ini bisa terjadi Indonesia dikarenakan beberapa hal, diantaranya adalah kondisi transportasi massal tersebut yang tidak baik, atau bisa juga karena kebijakan pemerintah yang kurang tegas. Oleh sebab itu perlu bagi masyarakat untuk mengetahui pentingnya transportasi massal.

Sumber: Supriyanto, Agung. 2014. Menhub Tekankan Pentingnya Transportasi Massal. Dalam www.republika.co.id. Diunduh Senin 30 Juni 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar